Rabu, 23 Mei 2012

Tutur Kata dan Perangai yang Menyenangkan




Sahabat saudaraku fillah..tutur kata dan perangai yang menyenangkan merupakan sifat yang membuat orang lain mudah bersahabat.Orang yang berperangai menyenangkan terlihat dari pancaran wajah dan sikapnya. Ia senantiasa menampakkan wajah yang ceria dan sikapnya yang ramah terhadap orang lain. Sikap seperti ini akan membuat senang setiap orang yang berhadapan dengan dirinya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Dzar bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :


“ Janganlah kamu meremehkan kebaikan sedikit pun, walaupun hanya dengan wajah berseri ketika bertemu saudaramu.” ( HR. Muslim ).

Saudaraku..bagi seorang pria yang sedang mencari calon pendamping hidup tentu mengharapkan mendapatkan seorang wanita yang bisa membuat dirinya selalu bahagia.Untuk itulah sebelum menjatuhkan pilihan kepada seorang wanita sebagai istri , seorang pria hendaklah memperhatikan calon istrinya itu senang bertutur kata dan berperangai menyenangkan atau tidak. Hal ini perlu dilakukan karena setiap orang pasti mendambakan suasana tenang walau berbagai kesulitan hidup melanda jiwa. Seorang istri yang berperangai baik dan tidak gemar mengumbar cacian akan membuat situasi keluarga lebih damai. Sehingga akan memberikan dorongan bagi suami untuk mengahadapi kesulitan hidup dengan tenang.

Seorang istri yang senantiasa menjaga tutur kata dan perangainya akan menjadi obat yang mujarab bagi suami dan seluruh anggota keluarga dalam membina ketabahan, keberanian dan keuletan dalam menjalani tantangan hidup. Seorang istri yang menerima kedatangan suami dengan wajah ceria , tutur kata yang santun dan pelayanan yang menggembirakan akan membangkitkan kembali semangat suami ketika sedang kelelahan. Namun sebaliknya jika istri menyambut kedatangan suami dengan sikap murung, tutur kata yang menyakitkan dan pelayanan yang buruk akan membuat mental suami jatuh dan semangat untuk mengatasi kesulitan menjadi lemah.

Saudaraku..bagi yang akan menginjakkan kaki ke dalam dunia rumah tangga hendaklah mengutamakan memilih pasangan hidup dengan memiliki akhlaq terpuji. Karena keluhuran akhlaq dan budi pekerti yang baik adalah modal yang sangat berharga dalam mengarungi bahtera rumah tangga.Sehingga kelak dapat tercipta rumah tangga yang penuh bahagia seperti yang didamba setiap insan, Insya Allah.


0 ulasan:

Catat Ulasan